Tuesday 15 October 2013

Kipas Kipas Rayakan Idul Adha

Wah, hari ini Idul Adha. Alhamdulillah, masih bisa merasakannya di tahun ini. Seperti biasa, aktivitas pagi hari di hari raya. Sholat Ied dan bersiap untuk menyaksikan momen pemotongan hewan kurban. Di sini ada 13 kambing yang dikurbankan tanpa ada sapi.

Sekitar jam setengah dua belas rumahku sudah kedatangan tiga bungkus daging kurban. Dua bungkus dari tetangga depan rumah dan dari tetangga lainnya. Satu bungkus dari masjid karena kakakku ikut membantu proses pembagian daging kurban. Tak lama setelah itu datang satu lagi jatah dari masjid. Dan ternyata daging kurban masih berdatangan, kali ini dari hasil penukaran kupon yang ibuku dapatkan kemarin dari salah satu temannya.


Saatnya mengolah daging kambing itu. Semuanya dibuat sate. Ya, seperti telah menjadi kewajiban, sajian sate kambing seolah menjadi satu hal yang paling diharapkan saat Idul Adha tiba. Aku, Bapak, Mama dan kakakku mulai memotong-motong daging kambing itu. Setelah siap dengan tusuk satenya, mulailah untuk membakar.


Kali ini Bapak yang berperan banyak. Kipas-kipas-kipas biar dagingnya matang. Dan itu pasti akan terasa enak. Lalu salah satu temanku datang. Mela. Aku bersama Mela mulai membuat sambal kecapnya. mengupas bawang merah, mencucinya bersama cabai rawit dan tomat. Kecapnya yang banyak, jadi tidak terlalu pedas.


Siap semua. Sate telah matang dari pembakaran. Sambal kecap siap bersama nasi putih yang hangat. Sajian pas untuk merayakan Idul Adha.

Betapa banyak nikmat yang Engkau berikan. Terimakasih, dan semoga kita masih bisa berjumpa dengan Idul Adha tahun depan. Aamiin.

2 comments:

  1. Wah...di rumah saya gak ada proses kipas"an, pusing asapnya -,- . Berkah idul adha ya mbak, selain itu juga moment idul adha bisa mempererat tali persaudaraan lagi ya.

    ReplyDelete
  2. iya... sama sama :D
    makasih udah berkunjung yah :)

    ReplyDelete