Saturday 19 October 2013

Temukan Ruang Kita

Ada banyak hal yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Tentang sebuah keadaan, tentang alasan, dan bahkan tentang seseorang yang selalu kita lihat. Semua memang telah dipilah, ada hal-hal yang mungkin harus kita ketahui, dan ada pula hal-hal yang akan lebih baik untuk tidak kita ketahui. Tapi ternyata ada juga hal-hal yang akan kita ketahui, namun bukan untuk saat ini.

Dan saat ini aku melihat. Manusia memang tak selamanya seperti apa yang terlihat. Bahkan untuk seseorang yang telah begitu lama kita kenal. Terkadang, mereka ingin menyembunyikan sisi lain dari diri mereka dan menyimpannya untuk mereka sendiri. Ada banyak alasan kenapa mereka melakukan seperti itu. Mungkin karena mereka merasa nyaman dengan hal tersebut saat tak ada orang lain yang tahu.

Hari ini aku melihat. Seseorang yang kutahu begitu cemerlang dengan sikapnya yang menyenangkan dan 'jenius' bisa menampakkan rona wajah keputusasaan. Putus asa memang milik semua orang, tapi yang aku lihat kali ini sangat berbeda. Seolah dia sedang ingin melepas semua penat dan beban selama menjadi dirinya yang cemerlang.

Memang tak ada pilihan untuk jadi sempurna. Bahkan di tengah pasir yang halus pun kita masih bisa menjumpai kerikil tajam. Begitulah dengan hidup dan kepribadian manusia. Seperti juga aku. Aku merasa bisa menjadi diriku yang sebenarnya saat aku bisa berkumpul dengan mereka yang juga memiliki jalan pikiran yang sama denganku. Dan saat aku sendirian, maka aku akan bisa mencoba menuangkan apa yang tidak aku perlihatkan saat aku berbaur dengan banyak orang.

Aku kadang hanya bisa berkata 'ya' 'tidak' 'mungkin' dan kata-kata singkat lainnya. Atau aku hanya bisa ikut tertawa saat mereka bercanda. Aku merasa nyaman dengan hal tersebut, tapi aku merasa benar-benar mengenali diriku sendiri saat sedang berada di tengah kesunyian. Aku mungkin bisa merasakan takut, tapi aku berfikir bahwa ada orang lain di luar sana yang mungkin juga sendirian, sama seperti aku.

Bahkan saat kita sedang berada dalam kesulitan, seharusnya kita juga berfikir bahwa kita tak sendirian. Dunia ini begitu luas, dan mungkin saja di antara miliaran orang akan akan ada mereka yang sedang merasakan hal sama sepertimu.

Bukan sebuah kesalahan saat manusia mengeluh, mereka mungkin sedang jenuh, atau mungkin sedang lelah dengan segala apa yang terjadi dalam kehidupannya. Aku berharap, bahwa kita bersama-sama bisa menemukan diri kita sendiri untuk menjadi seseorang yang mampu mengisi kekosongan hati dengan hal-hal positif.

No comments:

Post a Comment