Friday 14 September 2012

It’s All About 10 September 2012






Nggak kerasa, ternyata sekarang saatnya mengucapkan “Goodbye seventeen”. Sedikit tidak rela sebenarnya, karena saat usiaku bertambah, saat itulah sisa umurku berkurang. Aku tidak mau mengeluh akan hal itu. Bagaimana pun juga aku harus bersyukur, setidaknya aku masih diberi kesempatan untuk merasakan hidup selama 18 tahun. Itu waktu yang terasa sangat cepat.



Yang pertama, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, tanpa kehendak-Nya, mustahil aku masih ada hingga saat ini. Dan terima kasih untuk orangtuaku. Bapak, Ibu, maafkan Hana kalau selama ini sering membuat kesal. Hana hanya ingin mendapatkan perhatian lebih dari kalian. Pada dasarnya, Hana sangat senang memiliki orangtua yang begitu baik seperti kalian. Love you.



Terimakasih juga untuk teman-teman. Betapa senangnya aku saat satu persatu SMS berdatangan. Bahkan seseorang rela tidak tidur agar bisa menjadi yang pertama mengucapkan ulangtahun kepadaku. Terimakasih.



Sekedar ingin meriview segala sesuatu yang terjadi di usiaku yang ke-17 tahun lalu. Saat itu aku mendapat hadiah tiket kereta api. Untuk pertama kalinya aku naik kereta api, dan itu bertepatan dengan hari ulangtahunku. Hadiah yang luar biasa.



Selang waktu berjalan sejak usiaku memasuki 17 tahun, jujur saja aku tidak merasakan sesuatu. Rasanya biasa saja. Bahkan aku tetap sama seperti dulu, kekanak-kanakan. Aku tak peduli dengan hal itu, karena aku tidak ingin menjadi orang dewasa karena sebuah paksaan.



Aku mendapat begitu banyak pelajaran saat usiaku 17 tahun. Hingga akhirnya keadaan memaksaku untuk bisa belajar bersabar. Aku tidak berhasil dalam SNMPTN undangan saat aku umur 17 tahun. Kemudian aku ikut SNMPTN tertulis, dan aku juga tidak berhasil. Itu adalah sesuatu yang menguji kesabaran. Tak menyangka bahwa aku bisa melaluinya. Terimakasih untuk semua orang yang selalu mendukungku.



Hari ini, tepat di ulangtahunku yang ke-18, adalah hari di mana aku menghasilkan uang memalui usaha sendiri. Aku mulai bekerja hari ini. Masih berstatus trainee, tapi lumayan. Aku mendapat banyak pengalaman hari ini. walaupun tidak merayakan ulangtahun dengan siapa pun, aku tetap senang. Setidaknya aku memulai awal usia 18 tahunku dengan sesuatu yang baik. Belajar mandiri.



Back to the past. Kemarin, sehari sebelum aku berulangtahun, tepatnya 9 September, aku, ibuku, kakakku dan keponakanku pergi ke Guci. Sekedar liburan. Walaupun mereka nampaknya tidak tahu kalau itu adalah sehari sebelum ulangtahunku. Aku anggak saja itu sebagai hadiah ulang tahun. Merayakan ulangtahun di H-1. Berendam air panas dan makan bersama. Menyenangkan, walaupun tidak ada yang mengucapkan ulangtahun waktu itu.



Entah bagaimana lagi aku mengungkapkannya. Sepanjang aku dalam perjalanan menuju usia 18, aku mendapatkan begitu banyak pelajaran. Mulai dari hal-hal yang membuatku bersemangat, sampai hal yang hampir memusnahkan semangatku. Semua itu adalah pelajaran yang berguna. Terima kasih, semuanya.



Tidak ada yang bisa aku lakukan, aku hanya ingin tetap mencoba menjadi orang yang lebih dalam segala kebaikan. Aamiin...

No comments:

Post a Comment