Monday 13 August 2012

Pembelokan Tulang Belakang

Akhir-akhir ini aku merasa bahwa kaki kiriku lebih panjang daripada kaki kanan. Aku sedikit khawatir, hal itu juga membuatku kurang nyaman saat berdiri dalam jangka waktu lama. Dan barusan, aku lihat di acara Hitam Putih, ada seorang aktris Indonesia, namanya Nina Tamam yang juga pernah mengalami hal serupa, salah satu kakinya lebih panjang daripada kaki yang lain. Bahkan dia harus menggunakan sepatu yang memiliki ketinggian berbeda antara sebelah kanan dan kiri. Setelah mendengar penjelasannya, ternyata penyebab panjangnya salah satu kaki dikarenakan melengkungnya tulang belakang ke arah kanan atau kiri. Hal itu membuat kaki tidak sejajar dan terasa panjang sebelah.

Katanya, dia melakukan fisioterapi berupa penarikan tulang belakang untuk meluruskan tulang belakangnya. Hal itu pun tidak bisa menyembuhkan secara total, hanya bisa membantu sedikit. Bahkan katanya metode penarikan tulang belakang tersebut bisa menyebabkan sedikit gangguan pada syaraf otak. Aduuhh... jadi semakin khawatir. Semoga saja apa yang terjadi padaku tidak sampai separah itu. Mungkin mulai sekarang aku harus membiasakan duduk dengan posisi yang benar untuk mencegah lengkungan yang lebih parah pada tulang belakangku. Karena jujur saja aku juga merasa kalau tulang belakangku sedikit bengkok ke arah kiri.

No comments:

Post a Comment