Friday 31 August 2012

Terus Berusaha

Beberapa, atau mungkin sebagian besar temanku sudah menemukan jalan mereka. Jalan untuk melanjutkan bagaimana mereka hidup menghadapi hari-hari yang masih panjang. Aku ikut senang saat mendengar teman-temanku suka dengan kegiatan mereka sekarang. Untuk yang kuliah, semoga saja bisa semakin berprestasi. Untuk yang sudah kerja, semoga saja betah dan bisa bekerja dengan baik. Mungkin saat ini aku belum bisa menyusul mereka. Aku masih berdiri di persimpangan jalan. Masih mencari arah yang tepat untuk aku pijak. 

Aku sadar, mungkin apa yang aku lakukan selama ini tidak maksimal sehingga hasil yang aku dapatkan juga tidak memuaskan. Setidaknya sekarang aku masih berusaha untuk melakukan yang terbaik. Aku tidak akan malu dengan keadaanku sekarang. Mungkin aku terlihat seperti orang yang hidup tanpa tujuan, tapi sebenarnya aku punya begitu banyak hal yang ingin dituju. Aku ingin bisa melanjutkan sekolah. Membuat orangtua dan keluarga bangga. Kemudian akuingin bekerja di tempat yang aku impikan. Mimpi itu ibarat sebuah motivasi, dan begitu banyak motivasi yang aku miliki. Kelak, aku pasti akan bisa menjadikan semua itu sebagai kenyataan.

Beberapa orang menggunjingku, hanya karena aku belum bisa mengambil langkah lebih jauh setelah lulus SMK. Aku tidak terlalu bodoh, walaupun nilai akademikku terbilang standar. Memungkinkan bagiku untuk bekerja. Aku bahkan sudah pernah mendapat panggilan. Hanya saja aku belum menginginkan semua itu. Aku masih ingin melanjutkan sekolah, seperti yang diinginkan kedua orangtuaku dan saudara-saudaraku. Tapi aku tidak ingin kuliah dengan mengandalkan kedua orangtuaku. Aku ingin kuliah dengan uang sendiri. Pilihannya, aku harus bekerja dulu. Kalau tidak, aku harus bisa mendapatkan beasiswa. Hanya ada dua pilihan itu. Kalaupun mungkin keluargaku mau membiayai kuliahku, aku sebenarnya tidak ingin. Aku ingin kuliah dengan uang sendiri, dengan usaha sendiri.

Mungkin sekarang aku harus berusaha lebih keras. Setidaknya, usiaku masih cukup muda. Ada begitu banyak hal yang mungkin masih bisa aku lakukan. Berusaha menulis cerita yang bagus agar bisa diterbitkan. Berusaha mengikuti kompetisi-kompetisi agar bisa mendapat tambahan uang. Begitu banyak hal yang melintas di dalam pikiranku. Melakukan ini, melakukan itu, tapi semua belum memperlihatkan hasil yang cukup bagus. Kelihatannya aku harus sedikit bersabar. Kalau memang Allah menghendaki aku untuk kuliah, tak lama lagi mungkin semua usahaku untuk mendapatkan beasiswa akan berbuah manis. Kalau Allah menghendaki aku untuk bekerja, sebentar lagi aku pasti akan mendapatkan pekerjaan yang layak. Tapi, kalau mungkin Allah belum menghendaki keduanya, aku harus tetap bersemangat. Ini mungkin ujian, untuk menumbuhkan kemantapan di dalam hatiku.

Aku tidak akan merasa malu dengan keadaanku sekarang. Kalau orang lain mengira aku hanya diam tanpa berusaha apa-apa, mereka jelas salah. Karena sebenarnya saat ini aku sedang berusaha. Tunggu saja, kalau saatnya tiba, semua akan terlihat lebih baik.

No comments:

Post a Comment