Thursday 19 July 2012

MENGENANG SATU PERJUANGAN


Aku menggambar ini saat menunggu pengumuman SNMPTN

Sabtu, 9 Juni 2012
Asal kalian tahu aja. Saat ini aku lagi bingung setengah mati. Gimana enggak? Hari selasa aku mesti ikut tes SNMPTN di semarang. Eh, ternyata belum ada tempat buat bermalam. Apa lagi tesnya dua hari dan mesti ke sana sehari sebelum tes. Otomatis harus bermalam di sana minimal dua hari. Mau tidur di mana coba? Di jalan? Ato di stasiun? Gile ajeh!!!
Mobat-mabit, banting stir ke kiri, lalu ke kanan. Dan lupa di mana itu rem. Eh, pas ketemu rem, ternyata remnya blong. Nabrak dah akhirnya. Ngomongin apa sih?! Mending lanjut ajahh ceritanya.
Jadi, sebenarnya dua minggu yang lalu temen aku udah bilang kalo dia udah pesen kamar buat aku sama tiga orang lainnya. Aku sama yang lain ayem-ayem ajah. Ngerasa aman gituh. Ga takut bakalan tidur di jalan. Ehhh.... ternyata masalah besar terjadi juga *gubrakkkk*.
Temen aku itu bilang kalo ternyata kamar yang harganya 95 ribu / hari buat empat orang itu udah habis. Tinggal kamar yang mahal yang lebih cocok buat orang-orang elit. Mesti mikir muter-muter. Gimana enggak?! Uang saku aku aja Cuma 15 ribu per hari. Itu pun kalo berangkat sekolah. Dan saku 15 ribu itu termasuk buat bayar SPP sama buku-buku yang banyaknya bikin sempit meja belajar aku.
Kalo lagi libur kaya gini, aku Cuma dapat 5 ribu per hari. Maklum lah, bapak Cuma seorang tukang bangunan, dan ibu Cuma seorang ibu rumah tangga yang nyambil jualan sayur. Aku nggak nyesel sama sekali punya orang tua kaya mereka. Bersyukur banget malah. Tapi kalo harus banyar uang 112.500 buat nginep dua malam (belum termasuk makan), itu harga yang mahal banget. Ya udah, mending ditolak ajah. Sampe tinggal H-5, aku sama teman-teman belum dapat tempat bermalam. Kalo gini tinggal di masjid ajah lah...
Aku sama teman-teman minta solusi sama guru-guru di sekolah, barangkali di antara mereka ada yang punya kenalan di dekat tempat tes nanti. Eh, semua guru malah nyaranin gini, “Tidur di masjid kampus aja, nanti semalaman berdo’a sama zikir biar ketrima.”
Itu masuk akan banget. Tapi aku cewek. Kayanya nggak ‘ilok’ kalo tidur di tempat terbuka kaya gitu. Apa lagi pasti nanti ada cowok juga yang bermalam di masjid kampus. Ya udah, usaha dulu buat cari solusi lain.
Nah, barusan temen aku yang senasib (nggak dapat tempat bermalam) kirim SMS, katanya sodara dia yang tinggal di dekat UNDIP nawarin kamar. Satu kamar 100ribu/malam. Sebenarnya itu kamar Cuma bisa buat 1 orang. Kalo diitung-itung sama aja mahal. Wah, mesti muter-muter lagi. Tapi habis dinego ternyata satu kamar boleh buat 2 orang. Kebetulan kita berempat, jadi pesen dua kamar. Oke deh, semalam 50ribu. Jadi mesti ngeluari uang 100ribu buat dua malam.
Akhirnya sodara temen aku yang nawarin kamar itu langsung bayar DP 200ribu buat dua kamar. Kita ngerasa aman lagi. seenggaknya masalah tidur di mana udah nggak ganggu belajar aku buat tes hari selasa nanti.
Beberapa menit kemudian temen aku yang lain SMS, “Coy, udah dapat kosan nih. Gratis. Sodara aku yang nyariin.”
Wah, sontak aku sama teman yang lain langsung geger. Paniknya minta ampun. Tuh dua kamar udah diDP, masa nggak jadi sih?! Tapi lumayan, ada yang gratisan, jadi lebih ngirit (mengingat jarang dapat uang saku).
Akhirnya kita putusin buat ngebatalin kamar yang udah dibooking. Tapi terlanjur juga, uang yang 200ribu nggak bisa balik. Otomatis kita mesti tetep ganti 200rb. Patungan 50ribuan. Oke deh, anggak apa itu amal. Kata mba Kika. Personil yang mau nginep bareng nanti.
Kalo dipikir-pikir uang 50ribu itu lumayan banget. Kalo buat beli mie ayamnya Om Tri bisa dapat sepuluh mangkok. Bisa buat nraktir Umay, Daul, Memei, Dedew, Ita, Chun, Mela, Ikha, terus sisanya siapa aja yang mau deh.
Akhirnya aku, Memei, Asmi sama Mba Kika nyari-nyari anak yang belum dapat tempat bermalam. Akhirnya dapat tuh, teman SMK tapi beda kelas. Mereka sih kayanya mau. Mesti nunggu jawaban mereka dengan hati dag dig dug. Antara kembali atau tidaknya uang 50ribu yang kalo buat beli esnya Om Birin bisa dapat 50 gelas. Bisa dibagi buat anak-anak satu kelas tuh.
Tinggal nunggu keputusan dua anak yang kayanya udah minat buat ngambil kamar itu. harap-harap cemas nih.
Akhirnya jadi juga tuh Winda buat ngambil kamarnya. Cuma ada satu kamar yang digantiin, itu berarti kita berempat mesti patungan 25 ribu buat bayar DP yang 100ribu.
Hari senin, 11 Juni 2012,
aku berangkat sama Mba Kika, sama Meida, sama Asmi. Kebetulan aku, Meida sama Mba Kika dapat tiket buat satu gerbong kereta, sedangkan Asmi satu gerbong sama Nanda dan teman-temannya yang lain.
Pas udah sampe di stasiun, Mba Kika belum nyampe-nyampe. Kereta berangkat jam 12.15, sekarang udah jam 12 lebih, tapi Mba Kika belum datang juga. Kereta juga udah ada, penumpang yang lain langsung pada naik begitu pintu gerbang dibuka. Wahh... aku sama Meida paniknya minta ampun. Meida sampe hampir nangis, aku juga.
Relain deh pulsaku yang terbatas. Aku langsung telpon Mba Kika, eeehhh.... ternyata dia baru mau mandi. Aku sama Meida tambah panik. Nangis deh akhirnya di stasiun. Kalo keretanya jalan gimana? Bisa-bisa nggak punya waktu buat survei tempat tes.
Passss....banget waktu penumpang udah pada naik semua, Mba Kika baru datang. Aku sama Meida sempat kesal sama Mba Kika. Tapi, nggak lama setelah itu kesalnya hilang. Cuma kekesalan sesaat. Kita pun naik ke dalam.
Perjalanannya asik, Cuma deg-degan juga.
Kita sampe di Stasiun Poncol sekitar jam 4.30 sore. Melenceng 30 menit dari waktu yang tertulis di tiket. Pas udah turun, kita bingung lagi. gimana caranya kita sampe ke UNDIP? Katanya sodara Asmi yang kuliah di POLINES bakalan jemput, ternyata dia masih ada kelas. Namanya Aziz.
Aziz? Berarti dia cowok dong ...  Azmi nggak bilang sebelumnya kalo saudara yang dia maksud itu cowok. Gimana ceritanya aku sama yang lain tinggal bareng cowok? Kepanikan luar biasa terjadi di depan pintu gerbang stasiun.
“Nanti, kita tinggalnya di kostan temannya saudaraku. Temannya itu cewek.”
Dengar itu, rasanya lega banget. Tapi ada satu hal yang bikin aku sedikit bingung, “Aziz itu kuliahnya di POLINES, kita tesnya di UNDIP, terus kita ke UNDIPnya pake apa?”
Kepanikan seperti sebelumnya terjadi lagi. wah, bener-benar bikin kesal deh. Ini semua di luar rencana.
Setelah minta penjelasan dari Aziz, ternyata POLINES sama UNDIP itu bersebelahan. Untunglah ... aku kira semuanya bakal repot kaya yang diawal-awal tadi.
Terus kita ke POLINES buat ketemu sama saudaranya Asmi, Aziz. Kita di anter sama Omnya Meida. Kita sampe di sana sekitar jam 6.30 malam. Mampir dulu di masjid buat sholat. Setelah itu kita di ajak ke kostannya Aziz. Wah, malu banget. Semuanya cowok. Kita jadi mati kutu. Cuma bisa diam. Setelah itu, barulan kita di anter ke kostan temannya Mas Aziz yang cewek.
Aku bareng sama Meida, terus Mba Kika bareng sama Asmi. Setiap hari Mas Aziz nganter aku, Meida, Asmi sama Mba Kika ke tempat tes. Ternyata tempanya jauh banget. Apa lagi tempat tesku sama Meida, itu yang paling jauh. Tapi, ya nggak papa deh.
Malamnya, aku sama Meida berencana buat makan di warung. Lauknya ayam kremes. Kayanya enak. Di sini ada kejadia lucu. Di warung tempat aku sama meida makan, ternyata kita disuruh ambil nasi sendiri di rice cooker yang tergeletak begitu saja di atas meja di bagian pojok warung. Karena kita Cuma dikasih piring rotan yang dilapisi daun pisang buat naruh ayamnya, kita jadi bingung. terus nasinya kita taruh di mana?
Nggak mau pikir pusing, akhirnya aku sama Meida ngambil nasi n’ di tarus di piring rotan itu. kini ayam kremesku nggak sendiria. Sekarang ditemani sama nasi putih yang amsih panas.
Aku ngerasa heran, kok orang-orang pada lihatin kita ya? Yang punya warung juga lihatin kita. *Merasa jadi pusat perhatian.
“Mba...” kata pemilik warung, “Itu nasinya ditaruh di piring. Itu piringnya, di samping rice cooker.”
Wwaaahhh...!!! maluuuuuu banget! Ternyata di samping rice cooker itu ada piring khusus buat nasi. Padahal aku sama Meida udah terlanjur narus nasi itu di atas piring rotan bareng sama ayam kremesnya.
Bener-benar malu! Kelihatan banget kalau kita itu pendatang baru yang pertama kali makan di warung kaya gini. Niatnya aku sama Meida nggak mau cerita sama siapa-siapa soal ini. maluuuu... tapi, akhirnya aku bongkar juga cerita ini sama teman-teman yang lain.
Setiap hari aku dan yang lainnya dianter sama Mas Aziz, rasanya jadi nggak enak sendiri. Ngerepotin banget. Akhirnya pada hari terakhir tes aku sama yang lain putusin buat pulang jalan kaki. Ternyata jauh banget. Kakinya sakit, rasanya mau putus kakiku ini.
Siang ini, tepat setelah tes hari terakhir, aku dan yang lainnya memutuskan untuk langsung pulang. Nggak enak juga kalau mesti numpang tidur lama-lama. Uang udah mepet. Rencananya mau naik bis, tapi kebetulan Nanda nawarin tiket kereta (dia udah ada di stasiun). Sebenarnya di sini ada hal yang lumayan bikin dongkol. Tapi nggak usah diceritain deh.
Akhirnya aku pulang hari itu juga. Nggak ada tiket kereta Bisnis, akhirnya naik yang eksekutif. Wuihhh... masuk angin. Acnya dingin banget. Sampai di stasiun Tegal, aku langsung bersin-bersin.
Pokoknya, perjuangan buat ikut SNMPTN benar-benar MANTAPPP!!! Dan ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Tapi tidak apa... Semua adalah keputusan-Nya. Setidaknya, aku telah bisa merasakan seperti apa perjuangan yang benar-benar menguras emosi dan melatih kesabaran. Tapi aku tahu, ini barulah sebuah awal. Segala sesuatu yang mungkin tidak dapat terduga masih bisa dapat terjadi di waktu mendatang ....

No comments:

Post a Comment